CLOSE
Article Image -

Article

Hal Dasar yang Harus Dipahami Sebelum Membuat Konten


Sharing:

Membuat konten yang efektif sangatlah penting agar tujuan komunikasi atau bisnis dapat tercapai. Dengan konten yang efektif, kamu dapat meningkatkan brand awareness, menarik audiens, hingga menghasilkan penjualan. Semakin banyak audiens yang kamu jangkau, maka semakin besar juga kemungkinan keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Tanpa konten yang tepat, tujuan tersebut sulit tercapai.

Hal dasar yang harus dipahami dalam membuat konten yang efektif:

1.    Kenali target audiens

Mengenali target audiens dengan baik adalah langkah penting untuk membuat konten yang efektif. Hal ini akan membantu kamu dalam memilih topik dan gaya penulisan yang tepat agar konten yang kamu buat lebih mudah dipahami dan menarik bagi audiens.

Langkah-langkah memahami target audiens:

a.     Lakukan riset demografis

b.     Tentukan minat dan hobi audiens

c.      Tentukan usia dan gender

d.     Data pendidikan & pekerjaan

e.     Cek kompetitor

 

2.    Kenali masalah target audiens dan berikan solusi

Pahami kebutuhan/masalah yang dialami oleh audiens dan berikan solusi untuk mengatasinya. Agar kontennya efektif, komunikasikan pesan dengan jelas dan mudah dipahami. Jangan menyampaikan pesan yang terlalu bertele-tele karena dapat membuat audiens bingung.

 

3.    Manfaatkan tren yang sedang berlangsung

Memanfaatkan tren dalam membuat konten adalah salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian audiens, meningkatkan interaksi, dan memperluas jangkauan. Gunakan tools seperti Google Trends atau BuzzSumo untuk mencari topik yang sedang populer.

 

4.    Gunakan Call to Action (CTA)

Setiap konten yang dibuat sebaiknya memiliki Call to Action (CTA) yang jelas, misalnya "Klik untuk beli sekarang", atau "Yuk share konten ini". CTA yang jelas akan mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan setelah melihat konten tersebut.

 

5.    Menentukan tujuan konten

Tentukan dengan jelas apa tujuan kamu membuat konten tersebut. Apakah untuk edukasi, hiburan, penjualan, atau brand awareness? Dengan tujuan yang jelas, kamu dapat  fokus dengan pesan yang ingin kamu sampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya.

 

6.    Riset dan perencanaan

Sebelum menyusun kalender perencanaan konten, hal yang perlu kamu lakukan adalah riset mengenai tren dan kompetitor. Hal ini bertujuan untuk memahami apa yang sedang ramai dicari oleh audiens dan konten bagaimana yang berhasil diterapkan oleh kompetitor. Jika sudah melakukan riset, kamu bisa mulai menulis konten dan menyusun kalendernya.

 

7.    Optimasi untuk search dan engagement

Salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas konten adalah kata kunci yang tepat. Oleh sebab itu,  sebelum membuat konten, sebaiknya kamu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu, kamu juga bisa menambahkan meta description dan tag yang sesuai sehingga konten kamu lebih mudah ditemukan oleh audiens. Selain itu, kamu juga dapat mengoptimasi engagement dengan cara menggunakan hashtag yang relevan, dan menulis pertanyaan/ajakan diskusi di konten kamu untuk meningkatkan interaksi.

Ingin membuat konten sosial media bisnis kamu semakin berkembang? Yuk kontak Art Digital sekarang! Jangan lupa juga follow Instagram Art Digital untuk mengetahui informasi unik dan menarik lainnya seputar dunia digital.