CLOSE
Article Image -

Article

Cara Membuat Copywriting Menarik dengan Menggunakan Formula “PAS”


Sharing:

Copywriting adalah tindakan dalam menulis materi mengenai pemasaran atau promosi yang bertujuan untuk mendorong audiens untuk melakukan suatu tindakan. Tindakan tersebut bisa berupa, membeli, mengklik tautan, mengajak, dan berinteraksi.  Copywriting bisa berbentuk tulisan yang dipublikasikan di media cetak dan online, atau bisa juga berupa materi yang diucapkan seperti skrip iklan dan video.

 

Formula PAS Pada Copywriting

Problem-Agitate-Solution (PAS)  adalah salah satu teknik dalam copywriting yang digunakan untuk menarik perhatian audiens dengan cara mengidentifikasi masalah, memperbesar masalah untuk menggugah emosi, lalu menawarkan solusi atas masalah yang dihadapi. Terdapat tiga tahap yang harus dipahami untuk menggunakan metode PAS dalam copywriting, yaitu:

 

Problem                                                                                                        

Pada tahap ini, penulis akan menjelaskan tentang masalah yang dialami oleh audiens secara singkat melalui sebuah pernyataan atau pertanyaan. Tujuannya adalah agar audiens merasa relate saat membaca permasalahan yang disajikan. Pada tahap ini, audiens diharapkan akan membaca lebih lanjut untuk mencari solusi atau jawaban dari masalah yang mereka alami. 

Contohnya: "Susah fokus saat kerja?"

 

Agitate                                                                                                          

Pada tahap ini, penulis seperti melebih-lebihkan masalah yang terjadi. Ini bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa masalah yang terjadi dapat menjadi lebih parah jika tidak segera diatasi. Harapannya audiens akan semakin penasaran dengan bagaimana solusi dari masalahnya.

Contohnya: “Pekerjaan menumpuk, tapi otak terasa blank dan gak produktif?"

 

Solution

Pada tahap terakhir ini, penulis akan menonjolkan produk atau jasa yang ditawarkan. Tahap ini bertujuan agar audiens dapat melihat produk atau jasa yang ditawarkan sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi masalahnya. 

Contohnya : "Coba [produk/jasa Anda]! Bantu tingkatkan fokus dan selesaikan pekerjaan tanpa stres"

 

Tips Memaksimalkan Penggunaan Formula PAS

·       Kenali masalah yang benar-benar dirasakan oleh audiens kamu agar audiens merasa relate.

·       Gunakan copy yang dapat menggugah emosi di tahap agitate, tapi jangan terlalu over.

·       Berikan solusi yang langsung menjawab permasalahan/kebutuhan audiens.

 

Ingin membuat konten dengan copywriting yang maksimal? Yuk, konsultasikan bisnis/brand kamu ke digital agency Art Digital. Art Digital menyediakan berbagai jasa digital agency mulai dari social media management, website development, branding desain, pembuatan video, hingga digital ads.